Untuk Pertama Kali, Prodi Pendidikan Fisika Mengikuti Wisuda Daring


Rektor yang juga Ketua Senat UIN Raden Intan Lampung Prof Dr Moh Mukri MAg kukuhkan 1000 wisudawan pada prosesi sidang senat terbuka wisuda daring periode 1 tahun 2020, Rabu (15/7). Acara wisuda virtual ini berlangsung di aplikasi Zoom dan ditayangkan pada channel YouTube serta fanpage Facebook UIN Raden Intan Lampung.

Dari jumlah  tersebut, tercatat sebanyak 9 orang dari program doktor (S3), 16 orang dari program magister (S2), dan 975 orang dari program sarjana (S1). Untuk program sarjana terdiri dari Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) 475 wisudawan, Fakultas Syariah (FS) 143 wisudawan, Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama (FUSA) 71 wisudawan, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIK) 94 wisudawan, serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) 192 wisudawan.

Rektor mengungkapkan, wisuda kali ini terasa berbeda dan istimewa karena dilaksanakan secara daring dan pada masa pandemi wabah Covid-19. Meski demikian, wisuda daring tetap dilaksanakan dengan penuh khidmat.

Prof Mukri juga mengingatkan kita untuk meyakini bahwa apapun yang terjadi di muka bumi ini pasti ada hikmahnya. Di tengah pandemi Covid-19, dia jua mengajak untuk melakukan muhasabah diri sehingga kita bertambah yakin dengan kekuasaan Allah Swt sebagai Sang Maha Pencipta.

“Hikmah lainnya, kita juga bisa melaksanakan aktivitas tanpa terbatas oleh ruang, jarak dan waktu, yang mungkin tidak pernah terbayangkan oleh kita selama ini. Kita harus mampu beradaptasi dengan perubahan, seperti dengan penggunaan teknologi informasi dalam pembelajaran jarak jauh di kampus UIN ini, termasuk wisuda daring pada hari ini,” ungkap Rektor saat sampaikan sambutan.

“Momentum wisuda, walaupun secara daring, adalah sesuatu yang kita tunggu-tunggu, karena merupakan bukti capaian pendidikan yang bersejarah dalam perjalanan hidup kita. Bagi UIN Raden Intan Lampung sendiri, prosesi wisuda daring ini merupakan momen terbaik untuk menunjukkan perannya yang tiada henti dalam kondisi sesulit apapun dalam melahirkan kader-kader terbaik, yang akan berkontribusi dalam pembangunan di negeri ini,” lanjutnya.

Atas nama pribadi dan pimpinan UIN Raden Intan Lampung, Prof Mukri mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang terus berkarya untuk melahirkan generasi-generasi berkualitas di kampus hijau ini. “Dengan ini pula maka mari kita selalu meningkatkan kepedulian dan saling berkontribusi kepada sesama sesuai dengan peran dan kapasitas masing-masing,” tambahnya.

Meski dilaksanakan secara daring, anggota Senat Universitas tetap hadir mengikuti prosesi wisuda ini di GSG UIN dengan menerapkan protokol pencegahan Covid-19. Hadir juga 7 wisudawan terbaik dari program sarjana dan pascasarjana sebagai perwakilan.

Suasana virtual wisuda daring periode I tahun 2020

Wisudawan terbaik universitas atas nama Elsah Fanisyah dari FTK prodi Manajemen Pendidikan Islam dengan IPK 3,91. Wisudawan terbaik program doktor atas nama Hassan Zaeni prodi Pengembangan Masyarakat Islam dengan IPK 3,57 dan program magister atas nama Nunung Kurniawatiprodi Pendidikan Bahasa Arab dengan IPK 3,64.

Adapun wisudawan terbaik program sarjana, FTK atas nama Elsah Fanisyah; FS atas nama Hendy Isharyanto prodi Hukum Tata Negara dengan IPK 3,89; FUSA atas nama Qurrota A’yunin Tsalis prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir dengan IPK 3,95; FDIK atas nama Syaidina Ali prodi Manajemen Dakwah dengan IPK 3,46; dan FEBI atas nama Astuti Mutoharoh prodi Perbankan Syariah dengan IPK 3,79. (NF/HI)

Dikutip secara penuh dari: https://www.radenintan.ac.id/rektor-kukuhkan-1000-wisudawan-secara-daring/