Program Studi Pendidikan Fisika yang unggul, kompetitif, integratif, dan berwawasan lingkungan di tingkat Internasional pada tahun 2035.
Program Studi Pendidikan Fisika (PSPF) didirikan pada 15 Februari 2008 dengan nomor SK pendirian ln.09/R/PP/00.9/249/2008 dengan nama Tadris Fisika. Tadris Fisika didirikan sebagai jawaban atas kebutuhan perlunya lulusan pendidik ilmu umum yang mempunyai landasan keislaman. Akreditasi pertamanya diraih pada tanggal 23 November 2012, dengan raihan akreditasi C. Seiring dengan perubahan nomenklatur, nama Tadris Fisika kemudian berubah menjadi Program Studi Pendidikan Fisika dan berhasil mendapatkan akreditasi B pada Oktober 2016.
Pembenahan dan pengembangan PSPF terus dilakukan. Mulai dari meningkatkan kualitas sarana dan prasarana dan kualitas sumber daya manusia. Dari sisi sarana dan prasarana, PSPF telah memiliki gedung kuliah sendiri dengan lokal yang tersedia berjumlah 10 ruangan kelas, laboratorium, ruang sidang dan pertemuan, ruang dosen, ruang pengelola jurusan yang telah disesuaikan dengan standar akreditasi. Selain itu, pembenahan sumber daya dosen PSPF terus dilakukan. Saat ini, rasio dengan jumlah mahasiswa sekitar 1: 34. Saat ini Program Studi Pendidikan Fisika (PSPF) telah terakreditasi dengan peringkat Baik Sekali dari Direktur Dewan Eksekutif BAN-PT sesuai dengan SK NOMOR: No. 3031/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2021 tentang Peringkat Akreditasi Program Studi Pendidikan Fisika (PSPF) Pada Program Sarjana Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Kota Bandar Lampung. Program Studi Pendidikan Fisika (PSPF) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Intan Lampung telah mengalami pergantian ketua dan sekretaris Prodi, yaitu:
Lulusan mampu meningkatkan kompetensi pada bidang Pendidikan Fisika sehingga dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi pada perguruan tinggi yang bereputasi unggul dalam maupun luar negeri.
Lulusan mampu melibatkan diri dalam perkembangan profesional secara berkelanjutan pada bidang pendidikan dan pembelajaran Fisika pada jenjang pendidikan menengah dan menjadi pakar rujukan dalam pengembangan ilmu kependidikan pada jenjang pendidikan menengah.
Lulusan mampu mengelola dan berwirausaha pada bidang pekerjaan yang relevan dengan bidang Pendidikan Fisika sehingga dapat mengembangkan lapangan pekerjaan bagi masyarakat.
Jurnal Al Biruni
Special Events
Find Our Study
Members Talk
Alumni Review
© 2024 Pendidikan Fisika UIN Raden Intan Lampung