Kurikulum yang digunakan mengacu pada KKNI, SNPT, MBKM, dan OBE Prodi Pendidikan Fisika UIN Raden Intan Lampung.
Berdasarkan kurikulum yang disusun, deskripsi tujuan/PEO Program Studi Pendidikan Fisika mengacu kepada KKNI level 6 dan dijabarkan pada bagan berikut:
Lulusan mampu meningkatkan kompetensi pada bidang Pendidikan Fisika sehingga dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi pada perguruan tinggi yang bereputasi unggul dalam maupun luar negeri.
Lulusan mampu melibatkan diri dalam perkembangan profesional secara berkelanjutan pada bidang pendidikan dan pembelajaran Fisika pada jenjang pendidikan menengah dan menjadi pakar rujukan dalam pengembangan ilmu kependidikan pada jenjang pendidikan menengah.
Lulusan mampu mengelola dan berwirausaha pada bidang pekerjaan yang relevan dengan bidang Pendidikan Fisika sehingga dapat mengembangkan lapangan pekerjaan bagi masyarakat.
Pendidik/Praktisi Pendidikan
Sarjana pendidikan yang memiliki kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, kemampuan manajerial dan tanggung jawab sebagai pendidi dalam bidang mata pelajaran Fisika pada sekolah/madrasah (SMA/MA/SMK/MAK) berkepribadian baik, berpengetahuan luas, bertanggungjawab dan mutakhir di bidangnya dan berkemampuan multiliterasi berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian
Pengelola laboratorium Fisika/laboratorium IPA
Sarjana pendidikan yang memiliki kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, kemampuan manajerial dan tanggung jawab sebagai Pengelola Laboratorium Fisika/Laboratorium IPA, berkepribadian baik, berpengetahuan luas, bertanggungjawab dan mutakhir di bidangnya dan berkemampuan multiliterasi berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian.
Asisten Peneliti
Sarjana pendidikan yang memiliki kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, kemampuan manajerial dan tanggung jawab sebagai asisten peneliti dalam bidang Ilmu Fisika, berkepribadian baik, berpengetahuan luas, bertanggungjawab dan mutakhir di bidangnya dan berkemampuan multiliterasi berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian
EduPreneur
Sarjana pendidikan yang memiliki kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan, kemampuan manajerial, dan tanggung jawab sebagai pengusaha dalam bidang pendidikan Fisika/Laboratorium IPA serta pengembang bahan ajar di sekolah/madrasah (SMA/MA/SMK/MAK), berkepribadian baik, berpengetahuan luas, bertanggungjawab, dan mutakhir di bidangnya, serta berkemampuan multiliterasi berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan, dan keahlian.
Profil Lulusan Prodi Pendidikan Fisika adalah menjadi calon tenaga pendidik fisika yang memiliki kompetensi pendidik, asisten peneliti, pengembang media ajar (edupreuneurship) dan pengelola lembaga/laboratorium yang handal dan berkarakter Islami
PETA KURIKULUM PRODI PENDIDIKAN FISIKA UIN RADEN INTAN LAMPUNG
1. Mata Kuliah Penciri Universitas |
|||||||
NO |
KODE MK |
NAMA MATA KULIAH |
BOBOT SKS |
JML SKS |
SEMESTER |
||
TEORI |
PRAKTEK |
||||||
1 |
24UIN01 |
Pancasila dan Kewarganegaraan |
1 |
1 |
2 |
I |
|
2 |
24UIN02 |
Bahasa Indonesia |
1 |
1 |
2 |
I |
|
3 |
24UIN03 |
Pengantar Studi Islam |
2 |
2 |
4 |
I |
|
4 |
24UIN04 |
Filsafat Ilmu |
1 |
1 |
2 |
II |
|
5 |
24UIN05 |
Integrasi Sains dalam Islam |
2 |
1 |
3 |
II |
|
6 |
24UIN06 |
Islam dan Lingkungan Hidup |
2 |
1 |
3 |
II |
|
7 |
24UIN07 |
KKN |
1 |
3 |
4 |
VI |
|
8 |
24UIN08 |
Tugas Akhir |
0 |
6 |
6 |
VIII |
|
Total SKS |
26 |
|
|||||
2. Mata Kuliah Penciri Fakultas |
|||||||
NO |
KODE MK |
NAMA MATA KULIAH |
BOBOT SKS |
JML SKS |
SEMESTER |
||
TEORI |
PRAKTEK |
||||||
1 |
24FTK01 |
Ilmu Pendidikan Islam |
2 |
1 |
3 |
I |
|
2 |
24FTK02 |
Psikologi Pendidikan |
2 |
1 |
3 |
I |
|
3 |
24FTK03 |
Pengembangan Profesi Kependidikan |
2 |
1 |
3 |
II |
|
4 |
24FTK04 |
Perbandingan Pendidikan Dunia |
2 |
1 |
3 |
II |
|
5 |
24FTK05 |
PPL/Praktek Mengajar |
1 |
3 |
4 |
VII |
|
Total SKS |
16 |
|
|||||
3. Mata Kuliah Penciri Program Studi |
|||||||
NO |
KODE MK |
NAMA MATA KULIAH |
BOBOT SKS |
JML SKS |
SEMESTER |
||
TEORI |
PRAKTEK |
||||||
1 |
24PSPF01 |
Fisika Dasar I |
3 |
1 |
4 |
I |
|
2 |
24PSPF02 |
Sejarah Fisika |
2 |
0 |
2 |
II |
|
3 |
24PSPF03 |
Fisika Dasar II |
3 |
1 |
4 |
II |
|
4 |
24PSPF04 |
Kalkulus |
2 |
0 |
2 |
II |
|
5 |
24PSPF05 |
Mekanika |
4 |
0 |
4 |
III |
|
6 |
24PSPF06 |
Listrik Magnet |
4 |
0 |
4 |
III |
|
7 |
24PSPF07 |
Elektronika Dasar I |
3 |
1 |
4 |
III |
|
8 |
24PSPF08 |
Pengelolaan Laboratorium Fisika Sekolah |
1 |
2 |
3 |
III |
|
9 |
24PSPF09 |
Pembelajaran IPA SMP/MTs |
3 |
0 |
3 |
III |
|
10 |
24PSPF10 |
Fisika Matematika I |
3 |
0 |
3 |
III |
|
11 |
24PSPF11 |
Fisika Lingkungan |
3 |
0 |
3 |
III |
|
12 |
24PSPF12 |
Termodinamika |
4 |
0 |
4 |
IV |
|
13 |
24PSPF13 |
Elektronika Dasar II |
3 |
1 |
4 |
IV |
|
14 |
24PSPF14 |
Gelombang dan Optik |
4 |
0 |
4 |
IV |
|
15 |
24PSPF15 |
Teknologi Pembelajaran Fisika |
2 |
1 |
3 |
IV |
|
16 |
24PSPF16 |
Pembelajaran Fisika SMA/MA |
3 |
0 |
3 |
IV |
|
17 |
24PSPF17 |
Fisika Matematika II |
3 |
0 |
3 |
IV |
|
18 |
24PSPF18 |
Statistika Pendidikan |
3 |
0 |
3 |
IV |
|
19 |
24PSPF19 |
Perencanaan Pembelajaran Fisika |
2 |
1 |
3 |
V |
|
20 |
24PSPF20 |
Strategi Pembelajaran Fisika |
2 |
1 |
3 |
V |
|
21 |
24PSPF21 |
Evaluasi Pembelajaran Fisika |
2 |
1 |
3 |
V |
|
22 |
24PSPF22 |
Fisika Modern |
3 |
0 |
3 |
V |
|
23 |
24PSPF23 |
Fisika Kuantum |
3 |
0 |
3 |
V |
|
24 |
24PSPF24 |
Metodologi Penelitian Kuantitatif |
3 |
0 |
3 |
V |
|
25 |
24PSPF25 |
Multimedia Pembelajaran Fisika |
2 |
1 |
3 |
V |
|
26 |
24PSPF26 |
Bumi dan Antariksa |
3 |
0 |
3 |
V |
|
27 |
24PSPF27 |
Bahasa Inggris untuk Pembelajaran Fisika |
1 |
1 |
2 |
VI |
|
28 |
24PSPF28 |
Microteaching |
1 |
2 |
3 |
VI |
|
29 |
24PSPF29 |
Metodologi Penelitian Kualitatif |
3 |
0 |
3 |
VI |
|
30 |
24PSPF30 |
Publikasi Ilmiah |
1 |
2 |
3 |
VI |
|
31 |
24PSPF31 |
Fisika Komputasi |
0 |
3 |
3 |
VI |
|
32 |
24PSPF32 |
Edupreneur dalam pendidikan fisika |
1 |
1 |
2 |
VI |
|
33 |
24PSPF33 |
Fisika Statistik |
2 |
0 |
2 |
VI |
|
34 |
24PSPF34 |
Manajemen Olimpiade Fisika*) |
2 |
0 |
2 |
VII |
|
35 |
24PSPF35 |
Psikometri*) |
2 |
0 |
2 |
VII |
|
36 |
24PSPF36 |
Fisika Zat Padat*) |
2 |
0 |
2 |
VII |
|
37 |
24PSPF37 |
Energi Terbarukan*) |
2 |
0 |
2 |
VII |
|
38 |
24PSPF38 |
Fisika Statistik |
2 |
0 |
2 |
VI |
|
39 |
24PSPF39 |
Prakarya Fisika*) |
0 |
2 |
2 |
VII |
|
40 |
24PSPF40 |
Eksperimen Fisika Lanjut*) |
2 |
0 |
2 |
VII |
|
41 |
24PSPF41 |
Fisika Inti*) |
2 |
0 |
2 |
VII |
|
Total SKS |
118 |
|
|||||
Total Keseluruhan SKS |
Universitas |
26 SKS |
|||||
Fakultas |
16 SKS |
||||||
Prodi |
118 SKS |
||||||
Total |
160 SKS |
Jurnal Al Biruni
Special Events
Find Our Study
Members Talk
Alumni Review
© 2024 Pendidikan Fisika UIN Raden Intan Lampung