Selamat Kepada Jurnal Al-Biruni


Berdasarkan laman SINTA (Science and Technology Index) Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), hingga bulan Oktober 2018 ini, baru ada 3 jurnal bidang fisika dan pendidikan fisika yang berhasil masuk dalam kategori peringkat 2 (SINTA 2). SINTA sendiri merupakan merupakan laman yang merilis peringkat jurnal-jurnal di Indonesia berdasarkan penilaian asesor dari Kemeristekdikti. Ketiga jurnal itu adalah:

🔰 Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia (JPFI) merupakan salah satu jurnal tertua di Indonesia. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Fisika Universitas Negeri Semarang. JPFI memulai publikasi pertamanya di tahun 2003 dan telah menerbitkan 14 volume hingga tahun 2018 ini. JPFI telah terakreditasi sejak tahun 2011. Berdasarkan data Google Scholar, total kutipan di JPFI sebanyak 1278 dengan h-indeks sebesar 21.

🔰 Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika (JIPF) Al-Biruni diterbitkan oleh Prodi Pendidikan Fisika Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. JIPF Al-Biruni memulai publikasi online pertamanya pada tahun 2012. Di tahun 2018, JIPF Al-Biruni telah terakreditasi dan masuk ke peringkat 2 (SINTA 2). Data Google Scholar menunjukkan bahwa JIPF Al-Biruni telah dirujuk sebanyak 210 kali dengan h-indeks sebesar 8.

🔰 Jurnal Pendidikan Fisika dan Aplikasinya (JPFA) diterbitkan oleh Jurusan Fisika Universitas Negeri Surabaya. Terbitan online pertama JPFA yaitu pada tahun 2011. Sama dengan JIPF Al-Biruni, akreditasi JPFA berhasil dicapai pada tahun 2018 dan masuk dalam kategori peringkat 2. Hingga Oktober 2018, kutipan di JPFA telah mencapai 133 dengan h-indeks sebesar 6.

Itulah tiga jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika di Indonesia yang hingga saat ini berhasil terakreditasi dan masuk peringkat 2. Kita doakan ya semoga ke depan semakin bertambah jurnal fisika dan pendidikan fisika yang bisa terakreditasi, bahkan masuk dalam kategori reputasi tinggi (SINTA 1).

#TadrisRadenIntan #TadrisJournal #Journal#Fisika #PendidikanFisika #SINTA#Ristekdikti

Sumber: @tadrisjournal